Cara Mengurus Pajak Motor 5 Tahunan

Cara Mengurus Pajak Motor 5 Tahunan

Sebagai pemilik kendaraan bermotor yang baik sudah semestinya kita patuh untuk membayar pajak administrasi dengan tepat waktu untuk menyokong pemasukan negara kita agar dapat digunakan pemerintah untuk membangun infrastruktur yang lebih baik.

Tak sedikit pula yang beranggapan bahwa mengurus pajak kendaraan 5 tahunan itu mahal, padahal aslinya tidak demikian. Kamu hanya butuh uang, kesabaran dan pengorbanan waktu saja.

Sedikit cerita dipintu masuk samsat saya ditawari oleh bapak-bapak berjaket kulit sintetis bercelana hitam kumal dengan tas se-dada katanya untuk membantu menguruskan pajak 5 tahunan ini, lalu saya tanya berapa harganya beliau menjawab 500rb aja mas.

Dengan santai saya jawab ndak pak makasih. Saya pikir-pikir untuk biaya pajak 5 tahunan motor bebek keluaran lama saya hitung totalnya hanya sekitar 300ribuan saja. Itu sudah termasuk bea cetak plat, stnk dan bpkb (belum denda jika terlambat).

Baca juga:

Andai saya pakai jasa bapak ini mungkin dalam sehari bapak ini dapat mengantongi uang paling sedikit 400rb-2jtan perharinya melihat ada banyaknya map di isi tas beliau. Hmm bisnis yang menjajikan haha.

Hebatnya lagi bapak ini berdiri tepat didepan banner yang bertuliskan "Kawasan Bebas Calo" udah gila kali ini orang.

Selanjutnya tahap-tahap mengurus pajak motor 5 tahunan akan saya buat spesial untuk teman-teman semua.

PERSYARATAN DOKUMEN
Yang diperlukan adalah dokumen BPKB + STNK + KTP (ASLI) beserta fotocopy masing-masing 1x. dibungkus MAP dan di jepret dengan rapi. Jika tak mau ribet bisa datang ke loket Fotocopy dengan biaya 10rb.

LOKET CEK FISIK
Datangi petugas serahkan berkasmu agar segera di cek fisiknya. Setelah cek fisik motor selesai kamu akan diberi stempel TELAH DIPERIKSA selanjutnya serahkan berkas ke LOKET LAYANAN FORMULIR.

LOKET LAYANAN FORMULIR
Serahkan berkas untuk di cek petugas lalu kamu akan di beri 2 lembar formulir. Untuk mempersingkat waktu langsung datang saja ke LOKET CEK FISIK dan meminta petugas untuk menggesek nomor mesin dan rangka motormu sembari kamu isi formulirnya dan tempel stiker no mesin/rangka ke formulir.

LOKET BLOKIR
Masuk gedung menuju loket ini lalu serahkan berkas ke petugas tujuannya untuk memblokir database plat nomor yang lama karena nantinya kamu akan mendapat nomor plat yg baru.

LOKET VERIFIKASI
Setelah dari loket blokir kamu akan di arahkan ke loket verifikasi yg letaknya bersebelahan pas. Kembali serahkan berkas untuk di cek petugas.

LOKET PENUL 5 TAHUN
Selanjutnya kamu akan diarahkan petugas ke loket ini serahkan menyerahkan berkas agar dicek, tunggu sebentar setelah selesai kamu akan diberi petugas nomor antrean untuk ke kasir.

LOKET KASIR
Disini petugas kasirnya ada 4 harap fokus dan cari tempat duduk paling nyaman. Sabar tunggu giliran dipanggil petugas dengan mikrofon ya.
Jangan lupa siapkan uang pas.

LOKET PNBT STNK DAN TNKB PUTOR
Disini kamu akan menyerahkan berkas sekaligus ambil plat nomor yang masih kosong belum di press cetak diberikan pula kertas stnk baru yang nantinya membantu petugas cetak plat.

LOKET WORKSHOP CETAK TNKB
Selanjutnya kamu di harus keluar gedung ke loket tsb dan menyerahkan stnk baru tadi dan plat kosong agar segera di press cetak oleh petugas.

LOKET PENYERAHAN STNK DAN BPKB
Setelah plat tercetak selanjutnya ke loket tsb untuk menyerahkan stnk lama dan mendapat stnk yang baru, jgn lupa tulis absen pengambilan stnk baru ya.

LOKET PENULISAN BPKB
Terakhir! sebelum menuju ke loket ini harap fotocopy dulu STNK DAN SURAT TANDA BUKTI BAYAR PAJAK TERBARU masing-masing 1 lembar saja sebagai syarat cetak BPKB baru. Jika sudah kamu akan dapat stempel tanda terima dibalik fotocopy STNK.

Setelah seminggu BPKB baru bisa diambil. Oh iya! jangan lupa untuk membawa tanda terima dan STNK asli pada saat mengambil BPKB ya!

KESIMPULAN
Saya datang jam 08:30 dan selesai tepat pukul 11:47 lumayan lama, memang benar pengurusan pajak motor 5 tahunan tidak mahal tapi ribet.

Kamu harus berkeliling sebanyak 11 loket untuk mencapai tahap akhir belum lagi harus antri dalam tiap-tiap loketnya.

Nama singkatan loket aneh dan ambigu susah dimengerti kadang juga petugas suaranya pelan bahkan diam tanpa menunjukkan selanjutnya mengarah ke loket apa yang mana.

Yang terakhir! kursi didalam gedung kurang woy!
meski lagi pandemi dan social distancing kursinya jangan kaya gitu juga bos, terlalu sedikit, kasian capek banyak yang berdiri.

Semoga bisa membantu kawan-kawan semua ya! 

KB SAMSAT II KETINTANG
SAMSAT SURABAYA SELATAN

Bagikan ke

Facebook Twitter Whatsapp