Dosen Killer? Siapa Takut!

Dosen Killer? Siapa Takut!


Dosen Killer? Siapa Takut!

   Bukanlah hal aneh jika tiap kampus memiliki manusia tipe ini, bahkan ada yang bilang kalo dia selalu hadir dalam tiap fakultas loh. Biasanya dosen tipe ini yang paling dihindari mahasiswa/i bukan karena dia menggigit tapi kadang karena kebijakan yang kurang menguntungkan mahasiswa seperti sifat plin-plan, semaunya sendiri, pemberian materi yang kurang jelas, tidak mau dikritik, yang lebih parah memberikan nilai yang tidak sesuai dengan semestinya akibatnya ip menurun dan terpaksa mengulang matkul semester berikutnya.

   Masalah-masalah seoperti ini biasanya dialami oleh mahasiswa tingkat akhir terutama yang sedang menyusun skripsi, kalo kamu masih semester 1 / 2 saran saya mending beradaptasi dulu deh coba kamu kenali lebih dalam lagi karakter dosen kamu sebelum memberinya gelar dosen killer oh iya jika berkenan saya pernah menulis tentang revisi agar proses pengerjaanmu bisa berjalan lancarr Tips Revisi Skripsi.


Mengapa dosen killer itu harus ada?

   Waktu itu kebetulan duduk berdampingan dengan salah satu dosen killer fakultas teknik saat makan di kantin dengan menambah sedikit keberanian akhirnya saya iseng bertanya sebut saja pak Tono beliau mengajar di salah satu universitas swasta di Surabaya kurang lebih dialognya kaya gini:

Saya : Maem sedirian aja nggih pak? (senyum)
Dosen : iya mas, jam ngajar sudah habis
Saya : oh nggih pak, kirain kenapa.. biasanya kan njenengan bareng2 sama pak heru dan pak yuda.
Dosen : (senyum)

*** beberapa menit setelah nasi pak tono datang ***

Dosen : Kamu ga pesen makanan ta mas? ndang pesen dulu sana
Saya : Nggih pak (sambil pesen bakso dan good day freeze)

*** akhirnya kami makan sambil ngobrol panjang sampai masuk sesi curhat hehe ***

Saya : Dosen itu kenapa ya pak, kalo ngajar ada yang santai bgt yang kuetat pol juga ada pak. Kan bikin suasana dikelas itu tegang terus mahasiswanya jadi takut pak 
Dosen : Tapi materinya masuk kan?
Saya : Ya masuk pak tapi kan seharusnya..
Dosen : (menyaut) Westalah mas dijalani ae, Kalo aku pribadi ya nggak mau mahasiswaku cengeng apalagi jurusan teknik, belum lagi kalo besok udah kerja tekanan disana itu luar biasa besar loh mas jadi mau nggak mau mereka harus nurut dan terbiasa biar nggak kaget, dosen bapak dulu malah pas ujian suruh hafalin program terus tulis dikertas, dan dicek langsung waktu baca, pernah ada mahasiswa yang ngeyel programnya udah benar pas dicek pake pc ternyata salah akhirnya dia dikasih nilai x dan ngulang, hasilnya apa? mahasiswanya udah jadi-jadi sekarang.
Saya : (manggut-manggut sambil menyimak)
Dosen : kamu tau nggak simawa di its? dulu itu kita yang bikin sendiri buat kampus, beda sama programer sekarang sukanya copas program dan dikit-dikit gampang ngeluh
Saya : ooh gitu ya pak
Dosen : iya mas pokoknya jadi mahasiswa yang neriman lah percaya sama dosenmu karena mereka udah pengalaman
Saya : nggih pak, kalo gitu saya mau bayar minum dulu pak sekalian pamit mau kelas
Dosen : (nyodorin udang) ndak usah mas tolong bayarin punyaku sekalian
Saya : Makasih nggih pak tono (senyum sambil menunduk)

   Akhirnya saya dibayarin lumayan lah iseng-iseng berhadiah haha, nah jadi sebenernya niat dosen killer itu baik cuman efeknya belum bisa kita rasakan sekarang, maka kita harus berproses belajar sejak sekarang itung-itung melatih mental agar tidak cengeng memang ada kasus oknum dosen yang lebih ngeri dari dosen killer kita mahasiswa menyebutnya dengan dosen maut cirinya itu semua ciri dosen killer plus biasanya lebih mementingkan pekerjaan utamanya dia itu nyambi ngajar sebagai dosen apalagi kalo mau ditemui susah dan suka kasih nilai sembarangan dan ini memang harus dikomplin dan dilaporkan ke dekan.

   Dibahas sudah pengalaman dan istilah-istilah didalamnya tibalah berbagi tips spesial menghadapi dosen killer buat kamu, lakukan hal berikut:

Jangan!
1. Keras kepala
2. Sok tau
3. Sering membantah dengan alasan ga jelas
4. Tidak menghargai waktu
5. Membatalkan janji sepihak
6. Tidak sopan
7. Membandingkan dosen yang satu dan lainnya
8. Malas
9. Sembrono
10. Tidak kreatif

Lakukan!
1. Berpakaian rapi
2. Perhatikan saat dosen menjelasakan
3. Catat jika perlu rekam (dengan izin)
4. Senyum sapa jika bertemu
5. Salam ketok pintu jika terlambat
6. Chat awali dengan salam dan tidak menggunakan emot
7. Bertanya jika kurang jelas
8. Biasakan ucapkan mohon maaf, terimakasih
9. Saat bimbingan ikuti jadwal dosen dan konfirmasi dahulu
10. Jangan suka absen kelas


   Semoga tulisan diatas dapat membantu teman-teman dalam menghadapi dosen killer dikampus kalian ya. Ingat tetap sabar, pentang menyerah, jangan cengeng dan jangan lupa doa orang tua agar mendapat kelancaran dalam meraih gelar kuliah kamu. Saat kamu merasa lelah dengan keadaan ingatlah tujuan apa awal memulainya, Semangat!

Bagikan ke

Facebook Twitter Whatsapp