How To Speed Up Android Without Any Apps [NO ROOT]


Sebagus apapun spek hp kamu miliki tidak menjamin bahwa kinerja akan selalu cepat juga.

Kecuali bagi yang bisa memanagemen hpnya dengan baik.
Kebanyakan cara yang tersebar di internet adalah bagaimana cara mempercepat android dengan menggunakan amplikasi tambahan pihak ke-3.

Dalam faktor tertentu hal ini memang dibenarkan, tapi bagaimana jika ruang kapasitas sudah mentok dan tidak bisa diapa-apakan lagi?

Sebenenarnya para developer telah membuat aplikasi bawaan di setiap android untuk mengatasi hal tersebut.

Meskipun minim fitur tetapi sebenernya ngaruh juga, cuma kebanyakan orang tidak tahu bahkan malas untuk mencari fitur pembersih dihpnya sendiri.

Orang-orang tidak mau ribet dan lebih memilih menginstal aplikasi tambahan yang lebih instan.
Padahal dengan menambah aplikasi pihak ke-3 akan memakan ruang juga.


Berikut step-stepnya:


#1 Hapus aplikasi tak terpakai



Sebaiknya kamu menginstal aplikasi seperlunya dengan menyesuaikan kemampuan yang dimiliki oleh Android kesayanganmu. Setting > Apps > Pilih > Uninstal.




#2 Clear cache dan temporary




Mulai sekarang bersihkan cache dan temporary secara rutin. 
Semakin besar cache dan temporary yang tersimpan, semakin besar pula space yang terpakai olehnya, hal ini membuat hp cepat panas dan lambat. File browser > Cleanup > Scan now > Clean all.




#3 Transfer file di internal ke sd card




Secara default, foto/video yang tersimpan pada saat kamu selfie(termasuk download) akan diletakkan ke internal oleh sistem. Pindahkan Semua filemu ke SD card, sehingga sistem tidak terlalu berat ketika mengelola perintah. File browser > Tools > SD card transfer > Transfer to SD card.




#4 Matikan Animasi




Dengan mematikan animasi, akan membuat Androidmu terlihat super cepat. Untuk caranya, cukup kamu membuka fitur tersembunyi Developer Mode. Untuk mengaktifkan fitur Developer Mode Setting > About Phone > Versions Infos > sentuh Build Number 7x

Dan untuk cara mematikan animasinya Setting > Developer options > Drawing > Window animation scale > Off > Transition animation scale > Off > Animator duration scale > Off.




#5 Restart.

Setelah restart, bandingkan hasilnya.



Artikel Rekomendasi:





Semoga bermanfaat.

Bagikan ke

Facebook Twitter Whatsapp